Pages

Subscribe:

Kamis, 15 Desember 2011

SAHAM

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).



Jenis saham ada 2, yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen/prioritas (prefered stock).
* Deviden adalah bagian laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham
* Pemilik saham biasa mempunyai HAK SUARA pada RUPS sedangkan saham preferen tidak
* Saham biasa akan mendapatkan bagian jika perusahaan mendapatkan untung
* Saham preferen selalu mendapat bagian walaupun perusahaan rugi

Saham Preferen ada 6, yaitu :
  1. kumulatif, tidak kumulatif
  2. berpartisipasi, tidak berpartisipasi
  3. kumulatif - berpartisipasi
  4. kumulatif - tidak berpartisipasi
  5. tidak kumulatif - berpartisipasi
  6. tidak kumulatif - tidak berpartisipasi
 Penjelasan :
  • Saham preferen kumulatif : saham preferen yang berhak mendapat deviden setiap periode apabila pada periode tertentu perusahaan tidak membagi maka deviden tersebut akan dibayarkan pada periode yang akan datang pada saat perusahaan membagi deviden.
  • Saham preferen tidak kumulatif : saham preferen yang tidak berhak mendapatkan deviden setiap periode. Apabila pada periode tertentu perusahaan tidak membagi deviden maka deviden tersebut dianggap hangus dan tidak berhak mendapatkan deviden pada periode yang akan datang.
  • Saham preferen berpartisipasi : saham preferen yang berhak mendapatkan pembagian sisa deviden setelah pembagian deviden untuk saham biasa.
  • Saham preferen tidak berpartisipasi : saham preferen yang tidak berhak mendapatkan pembagian sisa deviden setelah pembagian deviden untuk saham biasa.

1 komentar:

  1. Biasanya jika perusahaan mendapatkan keuntungan barulah akan membagikan dividen kepada pemegang saham. pojokinvestasi.com

    BalasHapus