Pages

Subscribe:

Sabtu, 13 Oktober 2012

Suatu tempat seperti bukan di bumi

"Seperti bukan di bumi" adalah kata-kata yang pertama kali saya ucapkan dalam hati ketika melihat bentangan alam yang sangat indah yang terhampar dihadapan mata saya. sebuah tempat wisata dikawasan Ciwidey Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih ... yaa... memang tempat ini sangat indah sekali, seperti di negeri khayalan, kawah yang airnya berwarna biru muda, diatas air biru terang itu terdapat asap yang mengepul, disekitarnya terdapat batang-batang pepohonan yang hitam seperti habis hangus dibakar, dan anehnya tempat ini sangat tenang sekali karena tak ada satupun hewan yang hidup disekitar kawasan ini, hal ini disebabkan karena kadar belerang yang sangat tinggi ditempat ini sehingga tidak ada satupun hewan yang berani mendekati daerah ini ..
Ini adalah salah satu tempat terindah yang pernah saya kunjungi, Lukisan Sang Maha Kuasa yang satu ini memang membuat saya terkagum-kagum, membuat saya  merasa sangat tenang dan ingin menghabiskan waktu berlama-lama disana, walaupun sebenarnya ada peraturan yang menyatakan bahwa tidak boleh terlalu lama berada dikawasan ini karena tidak baik untuk kesehatan (faktor kadar belerang yang terlalu tinggi) namun saya disana hampir sejam karena pesonanya yang tidak ingin begitu saja saya tinggalkan..

Yang mengusik saya tentang tempat ini adalah cerita tentang asal usul dari kawah putih ini sendiri, begitu banyak cerita-cerita dan mitos-mitos yang berkembang ditempat ini mulai dari cerita yang masuk akal sampai yang tidak masuk logika/nalar..
sebelumnya bagi yang belum tahu tentang asal usul dari kawah putih ini, sedikit saya akan ceritakan kembali cerita yang saya tahu dari papan-papan yang berisi tentang asal usul kawah putih yang ada disekitar kawasan kawah putih ini.
Jadi pada awalnya kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha, dahulu masyarakat sekitar menganggap angker kawasan ini sehingga tidak ada yang berani menjamah atau menuju kesana. Saking angkernya kawasan ini, burung yang melintas diatas kawah ini akan mati.
Keindahan Kawah Putih ini baru terungkap setelah Peneliti Botani Belanda kelahiran Jerman Dr. Franz Wilhem Junghunn (1809-1864) yang melakukan penelitian dikawasan ini pada tahun 1837. Setelah dia melakukan penelitian terungkaplah bahwa penyebab burung-burung mati tersebut adalah karena kandungan belerang yang sangat tinggi disekitar kawasan tersebut. Well… sebenarnya ceritanya masih panjang, tapi berhubung awalnya saya bilang hanya akan bercerita sedikit jadi yaa sampai sini aja yaa ceritanya, hehe ;-).

Finally, dari cerita ini saya berharap agar kita bisa lebih mencintai alam kita, di bumi tercinta ini Indonesia. Ga perlu jauh-jauh keluar negeri untuk sekedar liburan yang pastinya akan membutuhkan badget yang tidak sedik
it.
Indonesia juga punya banyak banget kok tempat-tempat wisata yang menarik, yang indahnya ga kalah kok dengan negera-negera lain, kalau orang asing aja begitu excited dengan keindahan alan Indonesia, kenapa kita yang notabene orang Indonesia asli tidak BANGGA memiliki alam yang begini indah. Alhamdulillah, Subhanallah ;-).

0 komentar:

Posting Komentar