Pages

Subscribe:

Kamis, 20 Oktober 2011

The Inside of ...WWW…

World Wide Web (‘WWW’ atau Web) adalah suatu tempat yang memberikan informasi global dimana orang dapat membacanya dan menulisnya melalui berbagai peralatan elektronik yang terkoneksi dengan Internet seperti komputer, PDA, telepon genggam, dan lainnya.
Terkadang istilah Web sering dianggap sebagai sinonim dari Internet, akan tetapi Web sebenarnya merupakan suatu layanan yang dijalankan melalui Internet, seperti e-mail. WWW merupakan suatu set dokumen lengkap yang berada pada semua server Internet yang mengggunakan protokol HTTP, yang dapat diakses oleh pengguna melalui sistem point-and-click yang sederhana.
Awal Mulanya,
Setelah ditelusuri, ide Web muncul hingga tahun 1980 saat Tim Berners-Lee membuat ENQUIRE (yang mengacu dari buku Enquire Within Upon Everything yang ia ingat saat masih kecil). Walaupun Web saat itu berbeda dengan Web yang kita kenal saat ini, tetapi keduanya memiliki dasar ide yang sama.
Pada bulan Maret 1989, Tim Berners-Lee menuliskan Information Management: A Proposal, dimana mengacu pada ENQUIRE dan lebih rinci mendeskripsikan informasi mengenai sistem manajemen. Dengan bantuan Robert Cailiau, ia menerbitkan proposal bagi World Wide Web yang lebih formal pada 12 November 1990. Ia kemudian langsung mulai mengimplementasikan idenya.
Pada Natal 1990, Berners-Lee telah mengembangkan semua tool yang dibutuhkan untuk membuat Web yang merupakan Web Browser pertama (yang juga merupakan Web editor), Web server pertama, dan halaman web pertama seperti yang dideskripsikan pada proyek tersebut.
Pada 6 Agustus 1991, ia memasukan ringkasan pendek mengenai proyek World Wide Web pada newsgroup alt.hypertext. Hari itu juga telah ditandai sebagai pemunculan pertama Web sebagai layanan yang tersedia pada Inetrnet.
Konsep dasar mengenai hypertext dimulai dari proyek-proyek yang umurnya jauh lebih tua (sekitar tahun 1960), seperti proyek Ted Nelson’s Project Xanadu dan Douglas Engelbart’s oN-Line System (NLS). Kedua orang tersebut yaitu Nelson dan Englebart, terinspirasi oleh microfilm “memex” milik Vannevar Bush, yang dideskripsikan pada esai “As We May Think” tahun 1945.
Terobosan Berners-Lee adalah menyatukan hypertext pada Internet. Dalam bukunya Weaving The Web, ia menjelaskan bahwa ia telah berulang kali menyarankan bahwa penggabungan antara dua teknologi mungkin terjadi, tetapi karena tidak satupun orang yang mengindahkannya, ia kemudian mengerjakan proyek itu sendiri. Dalam prosesnya, ia mengembangkan suatu sistem pengidentifikasi global yang unik bagi sumber-sumber yang ada pada web. Inilah yang disebut dengan Uniform Resource Identifier.
Pada 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa World Wide Web dapat digunakan oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya. World Wide Web mulai digunakan oleh banyak orang sejak dirilisnya web browser Mosaic oleh National Center for Supercomputing pada tahun 1993. Dengan graphical user interface milik Mosaic, web menjadi protocol Internet yang paling terkenal. 
sumber : Majalah Bitmap edisi juni-juli 2006 ..

semoga info ini bermanfaat dan menambah pengetahuan para reader semua yaa :)

0 komentar:

Poskan Komentar