Pages

Subscribe:

Sabtu, 17 April 2010

PENTINGNYA MEMPELAJARI KOMPUTER BAGI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI

Pada zaman yang telah serba canggih seperti saat ini sepertinya komputer bukanlah menjadi hal yang spesial lagi dalam masyarakat kita. Dari mulai pendidikan dasar (SD) bahkan mungkin taman kanak-kanak telah mulai mempelajari komputer walaupun hanya sebagai user atau pengguna, setidaknya perkenalan alat komputer ini memang telah dimulai sejak dini, hal ini dimaksudkan agar mereka tidak canggung lagi apabila dihadapkan dengan komputer. Di era globalisasi ini pemakaian komputer menjadi bersifat mutlak bagi beberapa perusahaan yang berdampak dengan adanya tuntutan bagi para pekerjanya untuk dapat menggunakan komputer tersebut dengan baik dan benar. Namun bukan hanya sebagai pemakai (user only) tetapi saat ini juga sangat dibutuhkan para ahli-ahli komputer, hal ini dapat dilihat dari maraknya Perguruan Tinggi yang membuka jurusan IT (Teknik Informatika).

Tuntutan zaman ini bukan hanya dirasakan oleh mahasiswa jurusan-jurusan komputer tetapi juga dirasakan oleh hampir seluruh mahasiswa berbagai jurusan lainnya, tidak terkecuali mahasiswa jurusan akuntansi. Hal ini terutama dikarenakan telah banyaknya perusahaan-perusahaan yang melakukan kegiatan accountingnya tidak lagi menggunakan system manual melainkan dengan system komputerisasi. Apalagi pada perusahaan-perusahaan besar maupun perusahaan yang sudah go public, rasanya menjadi mustahil apabila masih melakukan kegiatan accountingnya dengan system manual, mengingat banyaknya transaksi-transaksi yang dilakukan pada perusahaan-perusahaan tersebut. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung menjadi penyebab pentingnya seorang mahasiswa jurusan akuntansi mempelajari komputer.

Namun bukan hanya sampai disitu, kita harus menyadari pula bahwa adanya software-software khusus bidang akuntansi seperti software MYOB Accounting, Dac Easy Accounting dan lain-lainnya. Itu adalah hasil pembelajaran yang dilakukan oleh ahli akuntansi yang juga menguasai bidang komputerisasi sehingga ia dapat menciptakan sebuah software yang khusus untuk melakukan kegiatan akuntansi di dalam komputer. Karena software ini tidak mungkin dibuat oleh orang yang hanya menguasai salah satu bidang saja, baik ia hanya menguasai komputer saja ataupun hanya menguasai akuntansi saja. Karena apabila ia hanya menguasai akuntansi tapi ia sama sekali tidak mengerti tentang komputer maka ia tidak akan bisa membuat software itu, begitupun halnya apabila ia hanya mengerti tentang komputer sedang ia tidak mengerti sama sekali tentang akuntansi maka hal ini akan menjadi percuma. Maka dari berbagai alas an inilah mengapa seorang mahasiswa akuntansi juga sangat penting untuk mempelajari komputer.

0 komentar:

Poskan Komentar